Latihan soal buku Pyndick BAB 17 No.6 dan 7 - Edu-Aldaar

Edu-Aldaar

reWrite your life

Translate

Post Top Ad

Open Sponsorship

Senin, 21 September 2020

Latihan soal buku Pyndick BAB 17 No.6 dan 7

 

Bahas Soal Ekonomi Mikro bab 17 No.6 dan 7

Pertanyaan no.6

Untuk mempromosikan persaingan dan kesejahteraan konsumen, Komisi Perdagangan Federal membutuhkan perusahaan untuk beriklan dengan jujur. Bagaimana kebenaran dalam mempromosikan persaingan iklan? Mengapa pasar menjadi kurang kompetitif jika perusahaan diiklankan secara tipuan?

Jawab

Yang pertama kita harus mengiklankan produk kita dengan jujur dengan cara menginformasikan kelebihan pada produk sebagai market signaling ke konsumen potensial,

Caranya bisa dengan memberikan garansi pada produk yang diiklankan

Kemudian jika iklan dilakukan dengan tipu tipu maka dapat mengakibatkan terjadinya lemons problem

Lemon adalah istilah bagi produk yang kerusakannya hanya bisa diketahui setelah produk itu dibeli. Si pembeli menjadi menyesal telah membeli produk itu karena merasa tertipu.
Itu akibat si penjual menyembunyikan kerusakan pada produk. Terjadilah asimetri informasi, penjual secara sengaja memberi informasi yang salah mengenai kualitas produk.

Padahal tidak semua produk adalah lemons

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan no.7

Sebuah perusahaan asuransi sedang mempertimbangkan mengeluarkan tiga jenis kebijakan asuransi kebakaran:

(i) asuransi cakupan lengkap,

(II) cakupan lengkap kurang lebih $10.000 yang dapat dikurangi, dan

(III) 90 persen cakupan dari semua kerugian.

Kebijakan manakah yang lebih mungkin untuk menciptakan masalah moral hazard?

Jawab

 

Masalah moral hazard pada asuransi kebakaran timbul ketika pihak yang diasuransikan dapat mempengaruhi probabilitas kebakaran. Pemilik properti dapat mengurangi kemungkinan kebakaran atau dampaknya dengan memeriksa dan mengganti kabel yang rusak, memasang sistem peringatan, dll.

Setelah membeli asuransi lengkap, pemilik memiliki sedikit insentif untuk mengurangi probabilitas atau besarnya kerugian, sehingga masalah moral hazard dapat menjadi parah. Dalam rangka untuk membandingkan $10.000 dikurangkan dan 90 persen cakupan, kita perlu informasi tentang nilai potensi kerugian. Kedua kebijakan mengurangi masalah moral hazard cakupan lengkap .

Namun, jika Properti bernilai kurang (lebih) dari $100.000, kerugian Total akan berkurang dengan memilih “cakupan 90 persen daripada memilih  $10.000 yang dapat dikurangi”. Sebagai nilai properti meningkat di atas $100.000, pemilik lebih mungkin untuk terlibat dalam upaya pencegahan kebakaran di bawah kebijakan yang menawarkan cakupan 90 persen daripada yang menawarkan $10.000 dikurangkan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Open Sponsorship