Bahas Soal Ekonomi Mikro bab 17 No.6 dan 7
Pertanyaan no.6
Untuk mempromosikan persaingan dan kesejahteraan
konsumen, Komisi Perdagangan Federal membutuhkan perusahaan untuk beriklan
dengan jujur. Bagaimana kebenaran dalam mempromosikan persaingan iklan? Mengapa
pasar menjadi kurang kompetitif jika perusahaan diiklankan secara tipuan?
Jawab
Yang pertama kita harus mengiklankan produk kita
dengan jujur dengan cara menginformasikan kelebihan pada produk sebagai market
signaling ke konsumen potensial,
Caranya bisa dengan memberikan garansi pada produk
yang diiklankan
Kemudian jika iklan dilakukan dengan tipu tipu maka
dapat mengakibatkan terjadinya lemons problem
Lemon adalah istilah bagi produk yang kerusakannya
hanya bisa diketahui setelah produk itu dibeli. Si pembeli menjadi menyesal
telah membeli produk itu karena merasa tertipu.
Itu akibat si penjual menyembunyikan kerusakan pada produk. Terjadilah asimetri
informasi, penjual secara sengaja memberi informasi yang salah mengenai
kualitas produk.
Padahal tidak semua produk adalah lemons
Pertanyaan no.7
Sebuah
perusahaan asuransi sedang mempertimbangkan mengeluarkan tiga jenis kebijakan
asuransi kebakaran:
(i)
asuransi cakupan lengkap,
(II)
cakupan lengkap kurang lebih
$10.000 yang dapat dikurangi, dan
(III)
90 persen cakupan dari semua kerugian.
Kebijakan
manakah yang lebih mungkin untuk menciptakan masalah moral hazard?
Jawab
Masalah
moral hazard pada
asuransi kebakaran timbul ketika
pihak yang diasuransikan dapat mempengaruhi probabilitas kebakaran. Pemilik
properti dapat mengurangi kemungkinan kebakaran atau dampaknya dengan memeriksa
dan mengganti kabel yang rusak, memasang sistem peringatan, dll.
Setelah membeli asuransi lengkap, pemilik memiliki sedikit insentif
untuk mengurangi probabilitas atau besarnya kerugian, sehingga masalah moral
hazard dapat menjadi parah. Dalam rangka untuk
membandingkan $10.000 dikurangkan dan 90 persen cakupan, kita perlu informasi
tentang nilai potensi kerugian. Kedua kebijakan mengurangi masalah moral hazard
cakupan lengkap .
Namun,
jika Properti bernilai kurang (lebih) dari $100.000, kerugian Total akan berkurang dengan memilih “cakupan 90 persen” daripada memilih “$10.000
yang dapat dikurangi”.
Sebagai nilai properti meningkat di atas $100.000, pemilik lebih mungkin untuk
terlibat dalam upaya pencegahan kebakaran di bawah kebijakan yang menawarkan
cakupan 90 persen daripada yang menawarkan $10.000 dikurangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar